Penjualherbal.com

Selamat datang di website kami. Kami menjual berbagai obat herbal : Obat ambeien, obat kanker, obat diabetes, obat sipilis, obat gonore, obat infeksi saluran kencing, obat keputihan, obat pembesar alat vital, obat pembesar payudara, obat maag, obat ginjal dll.

Pemesanan bisa menghubungi :
telepon/sms/whatsapp ke 082300061112
bbm dengan pin 5EB6CECF

Mengobati gatal di area lipatan paha

Mengobati gatal di area lipatan paha__infeksi kronis maka diperlukan pemberian preparat antijamur sistemik yaitu griseofulvin, terbinafin, flukonazol atau itrakonazol.1,3,7 Tidak ada satu pustakapun yang menyebutkan batasan waktu untuk dapat mengkatagorikan tinea korporis akut maupun kronis, walaupun istilah tersebut banyak digunakan pada beberapa kepustakaan. Secara umum, berdasarkan kamus kedokteran, istilah kronis menunjukkan lamanya perjalanan suatu penyakit, dan istilah kronisitas umumnya digunakan pada penyakit yang telah berlangsung selama lebih dari 3 bulan.8 Kronisitas dalam dermatofitosis merupakan hal yang sering dijumpai klinisi, mengingat dermatofitosis merupakan penyakit yang bersifat multifaktorial dan semua faktor yang terlibat merupakan suatu keadaan yang dapat berubah.1,6 Berikut dilaporkan suatu kasus tinea korporis et kruris yang kronis dan meluas pada separuh tubuh seorang remaja, yang disebabkan oleh Trichophyton tonsurans. Kasus ini diajukan untuk mengetahui faktor-faktor endogen dan eksogen yang mempengaruhi manifestasi klinis dan perjalanan penyakit ini. Pengetahuan ini penting.


Tinea korporis merupakan istilah untuk menunjukkan adanya infeksi jamur golongan dermatofita. Semua dermatofita dapat menyebabkan tinea korporis, tetapi yang merupakan penyebab tersering adalah Trichophyton rubrum, Trichophyton mentagrophytes, Microsporum canis dan Trichophyton tonsurans, sedangkan tinea kruris kebanyakan disebabkan oleh Trichophyton rubrum dan Epidermophyton floccosum.
Trichophyton tonsurans merupakan jamur antropofilik dan tersebar diseluruh dunia dengan distibusi yang luas. Pada kasus, dari anamnesis didapatkan lesi awal muncul pada tungkai, lesi tersebut dengan cepat membesar dan menyatu dengan lesi yang terdapat dipaha, kemudian meluas ke perut dan punggung. Penderita juga mengeluh rasa gatal pada lesi tersebut, terutama bila udara panas dan berkeringat. Perluasan lesi pada kasus ini kemungkinan disebabkan karena penggunaan kortikosteroid topikal dan pemakaian pakaian yang tertutup. Dari anamnesis didapatkan riwayat penggunaan betametason krim, yang diperoleh dari puskesmas. 

Penderita mengatakan sejak menggunakan krim tersebut tidak ada perbaikan bahkan lesi bertambah luas. Selain itu saat bekerja, penderita selalu menggunakan celana jeans yang ketat yang biasanya dicuci setelah 1 minggu pemakaian. Pada kasus ini didapatkan gambaran klinis pada ketiak, lipatan paha, lesi terutama terdapat pada bagian tubuh yang tertutup, lesi berupa makula hiperpigmentasi, berbatas tegas, bentuk geografika, dengan skuama putih halus diatasnya, dan pada beberapa tempat tampak skuama agak tebal. Bagian tepi lesi tampak meninggi terdiri dari papul milier eritema. Gambaran lesi ini sesuai dengan gambaran tinea korporis dan tinea kruris. Tidak tampak adanya tanda inflamasi pada lesi. Gambaran candidiasis pada pelipatan paha adalah macula eritema bentuk semilunar, maserasi di bagian sentral dengan adanya lesi satelit. Pada kasus gambaran klinis macula eritema bentuk semilunar central healing dengan tepi meninggi sesuai gambaran tinea kruris. Pasien ini adalah pasien dengan kusta tipe lepramatosa dengan tipe LL dengan pengobatan kortikosteroid. Tinea Kruris dan Korporis biasanya muncul pada pasien dengan immunocompromissed dimana pada kasus ini penurunan system imun diakibatkan oleh penggunaaan kortikosteroid. Pada kasus lesi meluas disebabkan juga oleh terapi topical dengan kortikosteroid yaitu betametason topical. Dari hal tersebut diperkirakan penyebab infeksi pada kasus berasal dari spesies antropofilik, selain itu penderita juga menyangkal memelihara binatang seperti anjing maupun kucing, dan juga tidak pernah kontak dengan binatang peliharaan lainnya. Diagnosis tinea korporis dan tinea kruris seringkali cukup hanya dengan klinis. Namun beberapa penyakit kulit lain juga dapat menyerupai tinea korporis ataupun tinea kruris sehingga diperlukan konfirmasi infeksi dermatofita melalui pemeriksaan mikroskopis dengan kalium hidroksida (KOH) dan/atau kultur jamur.9 Pada tinea korporis maupun tinea kruris bahan sebaiknya diambil dengan mengerok tepi lesi yang meninggi atau aktif.

Anda merasa bingung Mengobati gatal di area lipatan paha? Kami mempunyai solusi yang Insya Allah bisa membantu anda Mengobati gatal di area lipatan paha. Untuk mendapatkan obatnya silahkan menghubungi :

 Telp/ SMS/ Whatsapp : 0823 0006 1112

BBM : 5EB6CECF

0 Komentar untuk "Mengobati gatal di area lipatan paha"

Back To Top